Senin, 22 Juni 2015

Jangan Ragu, Ijazah Paket C Bisa untuk Daftar Kuliah


Ilustrasi: okezoneJAKARTA - Banyak siswa yang tidak lulus ujian nasional (UN) enggan mengikuti ujian Paket C.

Padahal, ujian Paket C justru dapat membantu mereka. Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMP dan SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta,

Drs. H. Budiyanto mengatakan, pemerintah telah menyetarakan ijazah Paket C dengan ijazah UN utama. "Siswa dengan ijazah Paket C juga bisa ikut untuk mendaftar ke perguruan tinggi dan bisa ikut ujian," ujar Budiyanto di SMA Kanisius, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (20/5/2014).



Namun, ijazah Paket C tidak dapat dipakai mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Ia berlaku untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan seleksi masuk perguruan tinggi lainnya.

Selain itu, Budiyanto melihat UN sebagai salah satu cerminan siswa yang bersungguh-sungguh dan serius menyelesaikan sekolah. Peraih nilai UN tertinggi, Ryan Aditya Moniaga, menjadi salah satunya. "Ada 81 siswa yang tidak lulus di Provinsi DKI Jakarta.

Mereka yang tidak lulus, kami bantu dengan ujian Paket C periode kedua pada Agustus 2014," ungkapnya. Sementara itu, di mata Ryan, UN masih penting. Tetapi, pelaksanaannya yang tidak pernah rapi dan kualitasnya yang belum menyeluruh membuat UN selalu kontroversial. "Jadi UN juga harus dievaluasi secara teknis," tuturnya.


Sumber

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar